Jadi Penulis di Petunjuk.ID

Kualitas harus selalu di atas kuantitas…

 

Keuntungan menjadi penulis di Petunjuk.ID

#1 Cukup tulis satu artikel per hari

Kami paham bahwa kualitas tidak bisa berbarengan dengan kuantitas. Penulis di Petunjuk.ID hanya perlu menulis satu artikel per hari dan tetap bisa memanfaatkan hari-hari libur seperti biasa.

#2 Bayaran tinggi per artikel

Penulis akan mendapatkan Rp 30.000 untuk setiap artikel yang berhasil diterbitkan. Jika pembahasannya lengkap dan mencapai 600 kata, maka setiap 100 kata selanjutnya akan diberi tambahan Rp 2.000.

#3 Tema tulisan yang luas

Tidak perlu takut kehabisan ide. Petunjuk.ID saat ini berfokus pada tema tutorial di bidang teknologi, sebuah tema yang tentunya selalu berkembang dan ada pembaharuan setiap hari. Penulis juga bisa meminta referensi ide tulisan.

#4 Menulis untuk manusia, bukan robot

Lupakan gaya penulisan kaku dan penuh tag tidak perlu. Petunjuk.ID berfokus menyediakan konten yang nyaman dibaca dan memberikan value bagi pengunjung.

#5 Bonus tambahan untuk kuota internet

Penulis Petunjuk.ID akan mendapatkan Rp 100.000 setiap bulannya yang bisa dimanfaatkan untuk membeli kuota internet yang memadai untuk menciptakan tulisan-tulisan terbaik.

Syarat menjadi penulis di Petunjuk.ID

  • Terbiasa menulis di platform WordPress
  • Tulisan original dan belum pernah diposting dimanapun
  • Hanya diperbolehkan menulis minimal 10 dan maksimal 20 artikel per bulan
  • Satu artikel untuk satu hari, jika membuat dua artikel, maka salah satu harus dijadwalkan untuk terbit di lain hari
  • Pembayaran artikel baru akan dilakukan di akhir bulan apabila sudah mencapai minimal Rp 300.000
  • Pembayaran dilakukan melalui transfer bank
  • Tema artikel terkait tutorial di bidang teknologi (komputer, smartphone, internet dsb)
  • Dilarang menulis tutorial yang sifatnya ilegal
  • Artikel tidak mengandung promosi/backlink ke website/blog pribadi
  • Artikel mengandung gambar/screenshot original (bukan stock photo)
  • Setiap akhir bulan, penulis harus memeriksa kembali artikel yang pernah dibuat untuk memastikan relevansinya
  • Penulis wajib membalas setiap komentar pertanyaan yang diberikan pembaca
  • Penulis harus selalu siap akan perubahan syarat maupun panduan menulis

Panduan menulis di Petunjuk.ID

Petunjuk.ID sangat menjunjung tinggi kualitas konten dibanding kuantitasnya. Maka dari itu panduan-panduan berikut sebaiknya diikuti agar artikel bisa terbit di website.

  1. Jelaskan tujuan tutorial di bagian awal artikel — Jangan bertele-tele menceritakan hal yang tidak perlu. Jelaskan langsung kepada pembaca tentang tujuan tutorial, hasilnya, dan mengapa tutorial tersebut akan membantu pembaca.
  2. Artikel harus lengkap, bukan panjang — Hindari penggunaan kalimat yang tidak memiliki value atau keyword stuffing. Berikan informasi-informasi yang relevan terhadap topik yang dibicarakan, bukan menumpuk kata-kata agar terlihat panjang. Panjang belum tentu lengkap, tapi lengkap sudah pasti panjang.
  3. Artikel rewrite boleh, tetapi harus memiliki ekstra informasi — Misalnya jika kamu membuat artikel “Cara Menghapus Akun Facebook”, topik ini sudah sangat sering dipakai, maka jangan sekedar jelaskan tutorialnya saja, tetapi juga berikan ekstra informasi, misalnya dampak dari penghapusan tersebut. Dengan demikian artikel yang kamu buat memiliki value lebih tinggi dibanding dari artikel lain dengan tema sejenis.
  4. Gunakan H2, H3, dan H4 sebagai sub judul — Tujuannya adalah memberikan hierarki pada tulisan sehingga lebih terstruktur.
  5. Pilih kategori dan tag yang relevan — Ini akan memudahkan pengunjung untuk menemukan konten serupa di website.
  6. Gunakan permalink yang ringkas — Misalnya kamu membuat artikel “Cara Menghapus Akun Facebook”. Maka cukup gunakan permalink “menghapus-facebook” saja.
  7. Lihat contoh artikel yang sudah ada di website ini — Dengan mengamatinya, kamu akan mendapat gambaran seperti apa artikel yang bisa terbit di Petunjuk.ID.

Catatan: Syarat dan panduan menulis dapat berubah sewaktu-waktu. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi saya.

FAQ

Apa yang terjadi jika artikel saya ditolak?
Tenang saja, kamu artikel yang ditolak akan diberi komentar terkait bagian mana saja yang harus diperbaiki.

Siapa saja yang boleh mendaftar menjadi penulis?
Semuanya boleh. Laki-laki perempuan, tua muda, pelajar ataupun karyawan.

Bagaimana jika tema artikel saya pendek?
Jika memang pendek, maka jangan “dipanjang-panjangin”. Namun jika memang panjang, maka tulislah semua informasi yang diperlukan.

Memeriksa artikel kembali setiap akhir bulan maksudnya apa?
Maksudnya, kamu harus memastikan artikel tersebut tidak lekang oleh waktu. Misalnya, kamu membuat artikel tentang “Cara Menghapus Akun Facebook” disertai screenshot-nya. Bisa jadi tampilan Facebook sudah berganti sehingga kamu perlu memperbaharui screenshot supaya tetap relevan di mata pembaca.

Saya tertarik menjadi penulis, bagaimana caranya?
Silahkan hubungi saya via WhatsApp di bawah ini. Kalau pernah menulis artikel, disarankan memberikan link contohnya untuk mempermudah penilaian.

Jadi Penulis di Petunjuk.ID - no hp